Rabu, 21 Desember 2011

Asma


penyakit asma
Penyakit asma berasal dari kata “asthma” yang diambil dari bahasa Yunani yang berarti “sukar bernapas.” Penyakit asma dikenal karena adanya gejala sesak napas, batuk dan mengi yang disebabkan oleh penyempitan saluran napas.
Penyakit Asma (Asthma) adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada paru dimana terdapat peradangan (inflamasi) dinding rongga bronchiale sehingga mengakibatkan penyempitan saluran nafas yang akhirnya seseorang mengalami sesak nafas. Penyakit Asma paling banyak ditemukan di negara maju, terutama yang tingkat polusi udaranya tinggi baik dari asap kendaraan maupun debu padang pasir.
Penyebab penyakit asma
Untuk mengobati penyakit asma, kita harus mengenal apa saja penyebab penyakit asma ini agar dapat diketahui sumber penyakit asma yang diderita. Penyebab penyakit asma ini antara lain:
  • Bawaan/turunan
    Penyakit asma bukanlah penyakit menular.  Tapi, dapat menurun secara genetik dan acak.  Jika di keluarga Anda ada yang memiliki riwayat penyakit asama ini, maka besar kemungkinan Anda atau anak Anda juga akan menderita penyakit asma.  Sifat bawaan yang menurun ini belum diketahui pasti penyebabnya.
  • Lingkungan
    Lingkungan merupakan pencetus dari timbulnya penyakit asma.  Mengobati penyakit asma ini dapat dilakukan dengan mengatur dan menjaga pola hidup yang bersih dan sehat.Lingkungan yang kotor, seperti debu di dalam rumah, merupakan faktor utama pencetus penyakit asma.  Asap dapur dari masakan atau kompor, asap rokok, asap kendaraan juga penyebab dan pencetus penyakit asma.
  • Makanan
    Makanan juga dapat menyebabkan timbulnya gejala penyakit asma.  Mengobati penyakit asma dengan menghindari konsumsi makanan pencetus alergi yang mengarah pada penyakit asma ini.
  • Udara dingin
    Udara yang dingin seperti penggunaan AC atau pendingin ruangan juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit asma ini. Selain itu, udara yang dingin, daerah pegunungan bisa mencetus timbulnya penyakit asma
Gejala Penyakit Asma
Seseorang bisa diduga terserang penyakit asma jika mengeluarkan tanda atau gejala seperti di bawah ini.
  1. Ketika sedang bernafas sering mengeluarkan bunyi lenguhan. Namun perlu digarisbawahi bahwa tidak semua penderita asma nafasnya selalu bersuara.
  2. Nafas sering menjadi sesak karena organ pernafasan menjadi sempit.
  3. Batuk yang tiada henti terutama di waktu malam atau ketika cuaca sedang dingin.
  4. Dada terasa sesak dan menjadi sempit, terutama pada bagian paru-paru.
  5. Karena nafas terganggu, maka ketika sedang berbicara tidak bisa lancar dan tidak bisa mengatur jalannya pernafasan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar